Jika Anda paham atau punya pengetahuan tentang otomotif ataupun sparepart kendaraan, maka mungkin Anda tidak akan mengalami masalah untuk melakukan pengecekan ataupun perbaikan sendiri. Kalaupun Anda tidak bisa atau tidak punya waktu untuk melakukannya sendiri, maka Anda tentunya tidak mengalami masalah untuk memberikan penjelasan ke bengkel tentang apa-apa saja yang ingin dicek dan diservis.

servis tuneup kendaraan mobilTapi bagaimana jika Anda tidak punya pengetahuan dibidang tersebut? Nah, sebelum membawanya ke bengkel, sebaiknya Anda perlu tahu terlebihdahulu mengenai jenis servis kendaraan, yaitu servis berkala dan tune up.

Perbedaan Servis Rutin & Tune Up

Pemeliharaan kendaraan merupakan aspek kritis dalam menjaga performa dan keamanan mobil atau motor Anda. Dengan memahami perbedaan antara servis berkala dan tune up, pemilik kendaraan bisa membuat keputusan terbaik tentang kapan dan jenis perawatan apa yang dibutuhkan kendaraannya. Berikut ini adalah perbedaan antara kedua-nya:

1. Servis Berkala: Kunci untuk Performa Jangka Panjang

Servis berkala, yang dijadwalkan berdasarkan panduan produsen, esensial untuk memeriksa dan mengganti komponen yang aus seperti filter udara dan oli mesin. Ini membantu memastikan bahwa kendaraan Anda beroperasi secara efisien, terutama jika Anda sering bepergian jauh.

2. Tune Up: Meningkatkan Kembali Performa Kendaraan

Tune up melibatkan penyetelan komprehensif terhadap komponen vital kendaraan, termasuk sistem katup dan injeksi, untuk mengembalikan kinerja mesin ke kondisi optimal. Ini dianjurkan setelah kendaraan mencapai batas kilometer tertentu atau mengalami penurunan performa.

3. Perbedaan Waktu dan Biaya

Waktu dan biaya menjadi dua perbedaan utama antara servis berkala dan tune up. Servis berkala umumnya lebih sering dan kurang mahal dibandingkan dengan tune up yang membutuhkan pemeriksaan lebih detail dan mungkin penggantian komponen lebih banyak.

Memahami kapan mobil Anda memerlukan servis atau tune up adalah kunci untuk menjaga performanya tetap optimal. Servis rutin dimulai dari 1.000 km pertama, seringkali gratis sebagai bagian dari garansi.

Interval servis selanjutnya dijadwalkan pada 30.000, 50.000, dan 70.000 km untuk inspeksi oli mesin dan ban, dilanjutkan dengan pengecekan sistem bahan bakar dan suspensi pada kilometer-kilometer tertentu hingga 100.000 km.

Setelah 120.000 km, mobil Anda siap untuk tune up, proses vital untuk menyegarkan kembali mesin dan komponen utama, terutama jika Anda mulai merasakan penurunan kenyamanan berkendara.

Saran Terbaik untuk Pemilik Kendaraan

Untuk menjaga kendaraan Anda dalam kondisi terbaik, penting untuk mengikuti jadwal servis berkala dan tidak menunda tune up ketika dibutuhkan. Dengan pemeliharaan yang tepat, kendaraan Anda tidak hanya akan memiliki performa yang lebih baik tetapi juga masa pakai yang lebih panjang.

Melalui artikel ini, pembaca dapat memahami pentingnya kedua jenis perawatan kendaraan dan bagaimana masing-masing mempengaruhi performa dan umur kendaraan. Ini membantu pemilik kendaraan membuat keputusan yang lebih baik tentang pemeliharaan kendaraan mereka.